19 Jan 2021
Awal Tahun Harga Barang Kebutuhan Pokok di Banda Aceh Berangsur Menurun

Keterangan Gambar : Awal Tahun Harga Barang Kebutuhan Pokok di Banda Aceh Berangsur Menurun

Banda Aceh – Harga Barang Kebutuhan Pokok khususnya Hasil Pertanian di Banda Aceh secara perlahan berangsur menurun.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh melalui Kepala Seksi Persediaan Barang Pokok, Stabilisasi Harga dan Pengawasan Barang Bersubsidi  Dara Karina, S.Si di Kantor Diskopukmdag Banda Aceh, Jumat (08/01/2021).

“Dari akhir tahun sampai sekarang memang ada beberapa barang kebutuhan pokok khususnya hasil pertanian seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih yang sempat naik  namun berdasarkan harga yang dipantau Senin awal Januari harga tersebut mulai menurun,” kata Dara.

“Kalau akhir bulan lalu untuk cabai merah masih 60-70 ribu/kg, sekarang sudah menurun menjadi 50-55 ribu/kg nya begitu pula cabe rawit dari 55 – 60 ribu/kg menjadi 40-45 ribu/kg. Harga telur ayam juga sempat naik harganya terutama menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 yang sempat mencapai Rp. 50.000 per lempengnya, sekarang sudah turun Rp. 47-48 ribu per  lempeng,” kata Dara.

Dara menjelaskan ada berbagai macam faktor yang membuat beberapa barang-barang tersebut naik diantaranya ialah faktor cuaca dan transportasi.

“Selain itu karena kita sekarang musim maulid jadi permintaannya banyak tapi barang yang masuk ke Banda Aceh terbatas karena faktor cuaca dan transportasi (gagal panen,banjir) sehingga harga menjadi naik,” jelas Dara.

.“Di akhir-akhir tahun seperti cabai rawit dan cabai masak sudah naik tapi sekarang sudah mulai turun,” tutup Andriansyah.

Sumber : http://diskominfo.bandaacehkota.go.id/2021/01/08/awal-tahun-harga-barang-kebutuhan-pokok-di-banda-aceh-berangsur-menurun/