15 Apr 2021
Banda Aceh Tetap Belajar Tatap Muka Selama Ramadhan, Begini Penjelasan Kadisdik

Keterangan Gambar : Banda Aceh Tetap Belajar Tatap Muka Selama Ramadhan, Begini Penjelasan Kadisdik

BANDA ACEH - Selama Ramadhan, para pelajar Banda Aceh tetap melaksanakan belajar secara tatap muka di sekolah.

Setiap harinya, di sekolah para siswa akan mengikuti Tahfiz Alquran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh, Dr Saminan M.Pd menyampaikan, dalam bulan suci ramadhan belajar tatap muka tetap dilaksanakan bagi SD dan SMP Negeri maupun swasta.

Hal ini telah disampaikan melalui surat edaran nomor 042.5/A.4/1083 tanggal 6 April 2021 atau bertepatan dengan 22 syaban 1442 H yang ditujukan kepada seluruh kepala PAUD, SD, SMP, SPNF dan PKBM negeri/swasta se Kota Banda Aceh tentang kegiatan Pembelajaran Tatap Muka dan pelaksanaan ujian Sekolah di Bulan Ramadhan Tahun 1442 H.

Saminan menjelaskan, seluruh satuan pendidikan diliburkan mulai tanggal 12 hingga 17 April 2021.

Sedangkan kegiatan pembelajaran tatap muka dimulai 19 April hingga 8 Mei 2021.

Sedangkan libur hari raya Idul Fitri 1442 H mulai 10 hingga 18 Mei 2021 dan sekolah kembali tanggal 19 Mei 2021.

Dikatakan Saminan, peserta didik PAUD dan SD kelas I hingga III diliburkan seluruhnya.

Sedangkan peserta didik kelas IV dan V SD, serta kelas VII dan VIII SMP serta program paket A,B dan C mengikuti PTM sebagaimana biasanya. Namun karena masih pandemi, para belaja dengan sistem shift/kelompok.

Jadwal belajar dimulai pukul 08 hingga 12.00 WIB, setiap hari pelaksanaan pembelajaran diawali dengan pelajaran Tahfizh Alquran selama 30 menit, pelaksanaan shalat sunat dhuha dan kemudian dilanjutkan dengan aktifitas pembelajaran reguler.

Sementara itu, SD kelas VI dan SMP kelas IX setelah selesai pelaksanaan ujian dapat dilanjutkan dengan pelaksanaan remedial, penugasan dan bentuk aktivitas lainnya untuk perbaikan/penyempurnaan nilai kelulusan peserta didik.

Pendataan kehadiran peserta didik, guru dan tenaga kependidikan tetap dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Aturan diterapkan kepada guru yang mengajar di PAUD, SD kelas rendah dan SMP kelas IX dan Pamong Belajar untuk program kesetaraan tetap melaksanakan tugas sesuai ketentuan.

Sumber :https://aceh.tribunnews.com/2021/04/15/banda-aceh-tetap-belajar-tatap-muka-selama-ramadhan-begini-penjelasan-kadisdik?page=2