31 Mar 2021
Direktur Eksekutif JKPI Sebut Banda Aceh Kota Tangguh Bencana

Keterangan Gambar : Direktur Eksekutif JKPI Sebut Banda Aceh Kota Tangguh Bencana

Banda Aceh - Museum Tsunami Aceh yang terletak di Kota Banda Aceh adalah salah satau destinasi wisata sejarah yang terus mengundang rasa penasaran dan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Keingintahuan tersebut juga dirasakan oleh para peserta Pra Kongres JKPI 2021 yang terdiri dari Bupati/Walikota se Indonesia, untuk merasakan langsung bagaimana alur cerita dahsyatnya gelombang air bah yang memporak-porandakan Serambi Mekkah.

Hal itu terungkap saat Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak para peserta JKPI yang juga para pimpinan daerah tersebut berkeliling kota (city tour) dan salah satunya melihat langsung kemegahan Museum Tsunami, Selasa (30/3/2021).

Direktur Eksekutif JKPI Pusat, Nanang Asfarinal dalam wawancaranya setelah melihat bangunan yang diresmikan pada tahun 2009 tersebut mengatakan museum ini adalah museum edukasi.

Museum ini adalah salah satu museum edukasi, disini kita bisa melihat dan merasakan langsung alur cerita bagaimana dahsyatnya tsunami Aceh, kepada wisatawan yang berkunjung ke Aceh wajib untuk mengunjungi museum ini, sebutnya.

Selain itu Nanang juga menyebutkan Kota Banda Aceh sebagai Kota Tangguh Bencana, betapa tidak Aceh khususnya Banda Aceh mampu bangkit danrecoverydari bencana yang meluluhlantakan segalanya.

Banda Aceh adalah Kota yang berketahanan yang siap untuk mengantisipasi berbagai tantangan yang ada, dan juga faktor karakter orang Aceh yang menerima semua orang yang datang membantu, sehingga cepat dalam berbenah setelah bencana, ungkapnya.

Ikut serta dalam rombongan tersebut perwakilan Pemerintah Kota Ambon yang terdiri dari Kadis Pariwisata dan Kabid Kebudayaan, Perwakilan Kota Bukit Tinggi Kadis Arsip dan Kabid Kebudayaan.

Sumber :https://bandaacehkota.go.id/berita/28515/direktur-eksekutif-jkpi-sebut-banda-aceh-kota-tangguh-bencana.html