05 Mar 2021
Musrenbang Kecamatan Banda Raya Tahun 2021

Keterangan Gambar : Musrenbang Kecamatan Banda Raya Tahun 2021

Banda Aceh - Kecamatan Banda Raya menggelar Musrenbang Kecamatan pada Kamis (25/02/2021).

Bertempat di Aula Gampong Geuceu Komplek Kecamatan Banda Raya, acara ini dihadiri oleh Bappeda dan unsur SKPK terkait, unsur Forkopimcam Kecamatan Banda Raya, para Keuchik serta Balee Inong Gampong.

Camat Banda Raya, Faidian Faisal, S.STP, M.Si dalam arahannya menyampaikan musrenbang kali ini sudah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) menggantikan E-Musrenbang dimana semuanya sudah terkoneksi dan bisa di pantau langsung oleh pusat.

Terkait dengan RKPK tahun 2022, Musrenbang merupakan salah satu tahapan untuk menyempurnakan RKPK Kota Banda Aceh, dimana untuk 10 gampong yang ada di Kecamatan Banda Raya terdapat 56 usulan di SIPD. Kami harapkan kesemuanya dapat ditampung dan direalisasikan, katanya.

Adapun arah kebijakan RPJM yang akan berakhir pada tahun 2022 mengacu pada peningkatan pertumbuhan dan kontribusi real sektor perekonomian serta memperkokoh peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) dalam rangka mewujudkan Visi Misi Walikota Banda Aceh.

Gampong juga harus memastikan dari usulan yang ditampilkan sudah termasuk usulan dari balee inong.

Kepala Bappeda, dalam kesempatan ini yang diwakili oleh Parmakope, SE, MM Kepala bidang perencanaan pembangunan ekonomi dan sumber daya alam juga menyampaikan tahun 2022 yang akan datang merupakan tahun terakhir dari tahapan penyusunan RKPK Kota Banda Aceh. maka dari itu RPJM kali ini difokuskan pada pemberdayaan ekonomi syariah.

Menanggapi usulan dari forum ini yang masuk sebanyak 56 usulan, namun sesuai kesepakatan maka hanya 4-5 usulan prioritas saja yang akan disetujui per gampong menyesuaikan dengan anggaran yang ada, ungkapnya.

Hal ini dikarenakan tidak semua usulan bisa dimasukkan, namun diprioritaskan sesuai dengan apa yang lebih dibutuhkan oleh gampong saat ini.

Usulan juga diharapkan masuk ke tahapan perencanaan dalam aplikasi SIPD yang nantinya jika diperlukan sudah terdaftar didalam sistem/aplikasi tersebut.