07 Jan 2021
Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin Tinjau Pekerjaan Bak Penyaringan Air Baku PDAM Tirta Daroy

Keterangan Gambar : Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin Tinjau Pekerjaan Bak Penyaringan Air Baku PDAM Tirta Daroy

BANDA ACEH - Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, didampingi Badan Pengawas PDAM Tirta Daroy, Kadis PUPR Kota Banda Aceh, Jalaluddin ST MT, Selasa (05/01/2021) siang meninjau pekerjaan bak penyaringan air baku WTP PDAM Tirta Daroy, di kawasan Lambaro, Kabupaten Aceh Besar yang sudah selesai dikerjakan tanggal 22 Desember 2020.

Di lokasi WTP PDAM Tirta Daroy, di Lambaro, Wakil Walikota Banda Aceh, diterima Direktur PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub, bersama sejumlah direktur dan staf.

Setibanya di lokasi WTP PDAM Tirta Daroy, Wakil Balikota Banda Aceh itu, bersama rombongan langsung diajak ke lokasi tempat pembuangan endapan lumpur air PDAM Tirta Daroy.

Melihat endapan lumpur air baku PDAM yang sangat kental dan pekat berwarna hitam kecoklatan itu, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin mengatakan, kalau endapan lumpur air bakunya seperti itu warnanya dan kentalnya, biaya operasi yang dikeluarkan pihak manajemen PDAM Tirta Daroy, pasti sangat besar, untuk mengolah air baku itu menjadi air bersih yang jernih dan bening.

Setelah meninjau lokasi tempat pembuangan endapan lumpur air baku PDAM, Wakil Wali Kota bersama rombongannya diajak Direktur PDAM T Novizal Aiyub, ke lokasi tempat penyaringan air baku PDAM yang sudah selesai di kerjakan di lantai atas.

Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin dan rombongan, ketika melihat air bersih dalam bak penyaringan, terlihat jernih dan bening, ia senang dan gembira. Badan Pengawas PDAM Tirta Daroy Bachtiar dan Kadis PUPR Kota, Jalaluddin ST MT ikut gembira dan tersenyum.

Zainal Arifin mengatakan, kalau sudah seperti ini air bersih yang diolah PDAM Tirta Daroy, masyarakat Kota Banda Aceh, pasti senang dan gembira menerima airnya, karena kualitas air bersih PDAM Tirta Daroy jernih dan bening.

“Sejak pekerjaan upgrading penyaringan air baku selesai dikerjakan 22 Desember 2020, dan Pak Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman juga sudah meresmikan dua paket proyek PDAM Tirta Daroy, akhir tahun di Taman Sari, keluhan laporan pelanggan kepada kami terkait distribusi air bersih PDAM Tirta Daroy, sudah menurun,” ujar Zainal Arifin.

Dan kepada pelanggan PDAM, kata Zainal Arifin, jika air bersih yang diterima masih kurang jernih dan bening, tolong segera di laporkan ke bagian pengaduan PDAM terdekat.

“Karena jika ada air PDAM Tirta Daroy yang belum jernih dan bening, disekitar pipa distribusi di daerah yang airnya masih kurang bening itu, mungkin ada pipa yang bocor, karena itu segera lapor ke PDAM,” ujar Wakil Wali Kota Banda Aceh itu.

Direktur PDAM Tirta Daroy, T Novizal Aiyub mengatakan, setelah pekerjaan upgrading bak penyaringan air baku WTP Lambaro selesai dikerjakan, 22 Desember 2020 lalu, distribusi air bersih kepada pelanggan PDAM Tirta Daroy, sudah kembali normal.

“Setiap hari kita distribusikan air bersih yang jernih dan bening dari WTP Lambaro kepada 52.000 sambungan air pelanggan dengan tekanan 650 – 750 liter/detik, sebelumnya hanya 450 – 550 liter/detik,” ujar Novizal.

Selesai pekerjaan upgrading bak penyaringan air baku, kata Novizal Aiyub, saat ini sedang dilanjutkan pekerjaan peningkatan kapasitas penyaringan produksi air bersih, agar debit air yang disalurkan kepada pelanggan dari WTP Lambaro bisa meningkat lagi dari 750 liter/detik naik menjadi 800 liter/detik, atau lebih.

Sumber : https://aceh.tribunnews.com/2021/01/05/wakil-wali-kotabanda-aceh-zainal-arifintinjau-pekerjaan-bak-penyaringan-air-baku-pdam-tirta-daroy