14 Des 2020
Wali Kota Banda Aceh Raih Anugerah KPI 2020 Terbaik Se-Indonesia

Keterangan Gambar : Wali Kota Banda Aceh Raih Anugerah KPI 2020 Terbaik Se-Indonesia

Jakarta – Keberhasilan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meraih Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2020 untuk kategori penghargaan khusus “Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran”, menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga kota dan masyarakat Aceh pada umumnya.

Anggapan tersebut tak berlebihan karena Aminullah tercatat sebagai satu-satunya kepala daerah dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia yang meraih apresiasi tahunan tertinggi KPI. Sekali lagi, penerima Wali Kota Entrepreneur Award 2018 itu, sukses mengangkat nama Banda Aceh di level nasional.

Irsal Ambiya, Komisioner Bidang Kelembagaan KPI Pusat mengatakan pihaknya memandang Aminullah selama menjabat wali kota, telah memanfaatkan dengan baik peran lembaga penyiaran, khususnya radio dalam membangun komunikasi publik.

Salah satunya melalui program “Wali Kota Menjawab”. “Program ini patut diapresiasi karena sejalan dengan semangat keterbukaan informasi publik,” kata putra asli Aceh tersebut, Sabtu (12/122020) di Jakarta, menjelaskan pertimbangan KPI memberikan penghargaan khusus kepada Aminullah.

Menurutnya, program yang disiarkan live melalui 10 stasiun radio itu adalah salah satu solusi komunikasi yang dapat membantu masyarakat dalam menyampaikan aspirasi secara langsung, “Sehingga banyak permasalahan pembangunan yang dihadapi warga kota dapat diselesaikan melalui program ini,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Ombudsman RI Aceh Taqwaddin Husin juga memberikan apresiasi. “Mencermati respon cepat terhadap berbagai keluhan warga terkait pelayanan publik, maka menurut kami sudah sepatutnya Wali Kota Banda Aceh menerima penghargaan ini.”

Katanya, “Wali Kota Menjawab” telah menjadi siaran radio yang dinantikan, karena warga dapat langsung menyampaikan uneg-unegnya kepada wali kota. “Dan Pak Amin pun langsung merespon memberikan solusi menjawab keluhan warga,” katanya seraya menyebut program ini layak diikuti oleh kepala daerah di seluruh Indonesia.

Anugerah KPI 2020, katanya lagi, merupakan wujud semangat perubahan untuk secara terus-menerus meningkatkan pelayanan publik. “Ini juga bukti adanya keterbukaan informasi publik yang transparan dan akuntabel yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mendukung kemajuan Banda Aceh menuju ‘Kota Gemilang’.”

Sementara itu, Anggota DPRK Banda Aceh Irwansyah, mengatakan, penghargaan Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran salah satu indikasi keberhasilan Aminullah dalam memimpin warga dan kotanya. “Pak Amin dinilai mampu menjadi kepala daerah yang terbuka dengan melahirkan program-program dan kebijakan yang protransparansi.”

“Sebagai salah satu wakil masyarakat, saya mengucapkan selamat dan bangga atas prestasi dan penghargaan ini. Bayangkan, Banda Aceh bisa menyisihkan kota-kota bergengsi lainnya di Indonesia,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut.

Ia juga mengharapkan agar penghargaan tersebut menjadi pemacu semangat wali kota dan jajaran pemerintahannya untuk terus memproduksi kebaikan-kebaikan dan prestasi lainnya untuk rakyat. “Saya yakin, semua hal-hal baik lainnya akan bisa kita raih. Pelayanan publik semakin baik, pemberdayaan ekonomi juga semakin baik ke depan. Insya Allah,” ujarnya.

Sumber : http://posaceh.com/wali-kota-banda-aceh-raih-anugerah-kpi-2020-terbaik-se-indonesia/