22 Okt 2021
Camat Banda Raya Dukung Penuh Program Rumah Gizi Gampong

Keterangan Gambar : Camat Banda Raya Dukung Penuh Program Rumah Gizi Gampong

Banda Aceh – Pemerintah Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh menyatakan dukungan penuh terhadap program Rumah Gizi Gampong (RGG) yang dilaunching beberapa waktu lalu.

 

RGG merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di tingkat desa/gampong dalam upaya pencegahan stunting. Adapun kegiatan RGG mencakup kombinasi program-program spesifik dan sensitif untuk pencegahan dan penanganan stunting di Aceh.

 

Adapun kegiatan utama Rumoh Gizi Gampong yaitu; Memberikan edukasi gizi dan monitoring pertumbuhan dan konsumsi secara terstruktur pada kelompok risiko (Ibu hamil, ibu balita, remaja putri, dan lain-lain).

 

Dalam hal ini, Camat Banda Raya Faidian Faisal, S.STP. M.Si menyatakan komitmenya dalam mendukung program ini dikarenakan ia menilai RGG sangat efektif untuk pencegahan dan penanganan stunting atau gizi buruk.

 

Seluruh gampong di wilayah kecamatan Banda Raya berkomitmen untuk melaksanakan program RGG ini, demi pencegahan dan penanganan stunting,” katanya, Jumat (27/8/2021).

Sejauh ini, di Kecamatan Banda Raya sendiri telah memiliki empat RGG yang tersebar di empat gampong, yaitu Gampong Lamlagang, Peunyerat, Lampeuot dan Geuceu Komplek.

 

“Rencananya gampong lain di Kecamatan Banda Raya juga akan segera menyusul dalam waktu dekat ini, dan sudah mulai mempersiapkan kegiatan RGG,” sambungnya.

 

Menurutnya, program ini merupakan arahan Wali Kota Banda Aceh sesuai dengan misi keempat dan ke tujuh kepemimpinan Aminullah Usman-Zainal Arifin yaitu; meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan memperkuat upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

 

Ia berharap, semua anak-anak yang terindikasi terganggu tumbuh kembangnya, sudah di data oleh kader RGG di masing-masing gampong dengan kerjasama antar stakeholder terkait seperti Bidan Desa, unsur PKK dan Puskesmas, sehingga tidak ada yang luput dari program RGG.

 

“Jika ada indikasi terganggu tumbuh kembangnya agar dapat diperbaiki untuk mengejar keterlambatan tersebut dengan memberikan asupan gizi yg baik dan seimbang,” harapnya.

Sumber : https://diskominfo.bandaacehkota.go.id/2021/08/27/camat-banda-raya-dukung-penuh-program-rumah-gizi-gampong/