16 Jun 2021
Percepat Cakupan Vaksinasi  Lansia, Dinkes Kota Banda Aceh Sosialisasikan Gebyar Vaksinasi Lansia

Keterangan Gambar : Percepat Cakupan Vaksinasi Lansia, Dinkes Kota Banda Aceh Sosialisasikan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL)

Banda Aceh - Dalam rangka percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 bagi lansia, Pemerintah Kota Banda Aceh akan melaksanakan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) di Kota Banda Aceh yang akan diselenggarakan Kamis (10 Juni 2021) di PLTD Apung, Punge Blang Cut. Kegiatan ini sekaligus merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2021.

Sebagai rangkaian awal dari kegiatan GVL, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menyelenggarakan Sosialisasi Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) di 9 kecamatan pada Selasa-Rabu (8-9 Juni 2021). Sosialisasi dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), keuchik, dan perwakilan dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), serta UNICEF.

Camat Banda Raya Faidian Faisal, S.STP, M.Si dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi (GVL) di Masjid Taqwa Lhong Raya mengajak kepada seluruh keuchik diwilayahnya untuk mendukung pemerintah dalam upaya memenuhi cakupan vaksinasi lansia di Kota Banda Aceh.

Kepada para keuchik dan imum gampong, mari sama-sama kita mengajak dan menghimbau warga kita khususnya lansia untuk dapat melakukan vaksinasi, ungkapnya.

Lansia merupakan bagian dari populasi masyarakat yang beresiko tinggi terkena infeksi Covid-19, dengan tingkat mortalitas yang tinggi bila terinfeksi. Upaya vaksinasi perlu diutamakan bagi populasi ini, sehingga dapat menghindarkan mereka dari resiko terinfeksi ataupun derajat keparahan yang lebih tinggi apabila terpapar. Walaupun demikian, capaian vaksinasi pada lansia masih sangat rendah.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Banda Aceh Saifuddin Malik, SKM., mengungkapnya data per 7 Juni 2021, capaian vaksinasi lansia di Kota Banda Aceh masih berada di angka 6,8 persen.

Dari total 16.134, sampai saat ini baru ada 1094 lansia yang melakukan vaksinasi, ujarnya

Saifuddin juga mengajak seluruh keuchik untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi bagi lansia dan bijak dalam menerima informasi terkait vaksin Covid-19.

Banyak hoaks yang beredar ditengah masyarakat kita tentang vaksin, kita tentu harus lebih bijak dalam menyaring informasi tersebut resmi atau hoaks, ungkapnya

Sumber :http://dinkes.bandaacehkota.go.id/2021/06/08/percepat-cakupan-vaksinasi-bagi-lansia-dinkes-kota-banda-aceh-sosialisasikan-gebyar-vaksinasi-lansia-gvl/